Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Kecepatan Blog

Untuk kalian para blogger, pastinya terkadang merasa kesal apabila blog kalian lemot atau memiliki pagespeed yang buruk. Nahh, di artikel kali ini kita akan membahas tentang Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Blog. Untuk mengetahui kecepatan blog kita, tentunya kita harus mengecek kecepatan blog kita terlebih dahulu. Semua akan dibahas dalam artikel ini dengan lengkap dan jelas. Jadi, simak terus artikelnya supaya kalian paham dan dapat dimengerti dengan baik.

Tips Meningkatkan Kecepatan Blog
Dalam membuat sebuah blog kita pasti menginginkan blog tersebut ramai dikunjungi oleh banyak visitor kan. Salah satu daya tarik untuk meningkatkan visitor blog yaitu dengan cara memiliki blog yang pagespeed nya cepat. Iya, blog yang memiliki pagespeed cepat akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung sehingga mereka betah berlama-lama di blog kalian.

Manfaat Memiliki Blog Yang Cepat

Apabila kita memiliki blog yang pagespeed nya cepat maka akan banyak manfaat bagi pemilik blog itu sendiri, seperti misalnya :

  • Memiliki jumlah pengunjung blog yang banyak.
  • Artikel akan cepat terindeks oleh mesin pencari.
  • Meningkatkan SEO blog atau website kalian.
  • Mengurangi masalah yang akan terjadi.
  • Membantu dalam hal periklanan (misalnya cepat diapprove).


Berikut Tips Untuk Meningkatkan Kecepatan Blog

1. Memilih Template Yang Ringan, Responsive, dan SEO Friendly

Sebagai seorang blogger kita dituntut harus jeli dalam memilih template. Template yang kita pilih tidak hanya bagus dan menarik tetapi juga harus ringan, responsive, dan SEO friendly tentunya. Karena dengan itu maka blog kalian akan memiliki pagespeed yang baik.

2. Melakukan Optimasi Gambar

Saat kita memposting sebuah artikel, biasanya kita melampirkan sebuah gambar untuk mendukung sebuah artikel. Sebelum melampirkan gambar kita harus mengoptimasi gambar itu terlebih dahulu dengan cara mengkompress ukuran gambar dan mengubah format filenya agar blog kita menjadi ringan.

3. Memasang Lazy Load

Biasanya untuk memperingan sebuah blog para blogger memasang sebuah kode Lazy Load. Lazy Load ini bertujuan untuk memperingan tampilan blog serta dapat meningkatkan kecepatan sebuah blog.

4. Menggunakan Blog Versi AMP

AMP merupakan fitur yang berguna untuk membuat tampilan blog menjadi simple dan ringan. Biasanya fitur ini bertujuan untuk mempercepat blog pada tampilan mobile. Dengan menggunakan versi AMP bog kalian akan dengan mudah menjadi simple, ringan, dan cepat.

5. Hapus Widget Yang Tidak Berguna

Widget dalam sebuah blog tentunya sangat berguna misalnya untuk memberikan informasi mengenai blog tersebut. Tetapi, apabila sebuah blog dipenuhi dengan berbagai macam widget tentunya akan berpengaruh buruk pada blog tersebut. Seperti misalnya menurunkan kecepatan blog. Terutama lagi jika widget tersebut mengandung sebuah kode HTML/JavaScript seperti iklan dan lain sebagainya tentu saja akan memperlambat kecepatan blog. Maka dari itu, saya sarankan untuk menghapus widget yang tidak digunakan.

6. Menghapus Broken Link Pada Blog

Tips lain untuk meningkatkan kecepatan blog yaitu dengan menghapus link yang rusak atau error. Dengan menghapus link yang rusak atau error tersebut maka kecepatan blog kalian juga akan meningkat. Kalian dapat mengecek broken link dan mengatasinya dengan menggunakan tools atau situs broken link checker.

Demikian sedikit info dari saya mengenai Tips Meningkatkan Kecepatan Blog. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kalian dan dapat bermanfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Posting Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kecepatan Blog"

Berlangganan via Email