Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Blog

Bagi kalian para blogger pasti sudah tidak asing dengan istilah pagespeed. Ya, pagespeed menjadi salah satu bagian penting dalam optimasi sebuah blog. Untuk mengetahui seberapa cepat blog kalian pasti kalian memerlukan sebuah tools. Pada artikel ini kami akan memberikan referensi 4 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Blog. Simak baik-baik dan semoga dapat membantu kalian dalam membangun sebuah blog.

4 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Blog

Pagespeed

Pagespeed atau yang lebih kita kenal kecepatan halaman blog merupakan sebuah indikator yang menunjukkan seberapa cepat tampilan suatu blog atau website. Biasanya cepat atau lambatnya suatu blog dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Manfaat Mengetahui Kecepatan Blog

Berikut beberapa manfaat jika kalian mengetahui kecepatan blog :

  • Dapat mengidentifikasi dan mengontrol kecepatan blog.
  • Dapat terus memantau perkembangan blog.
  • Mengetahui penyebab turunnya kecepatan blog.


Untuk dapat mengetahui kecepatan blog, biasanya para blogger menggunakan beberapa tools berikut ini.

1. Google Pagespeed Insight

Ilustrasi Cek Kecepatan Blog 1
Google Pagespeed Insight merupakan tools yang resmi dari google yang biasanya digunakan untuk mengecek kecepatan blog. Dalam tools ini kita dapat mengecek kecepatan blog pada tampilan dekstop ataupun mobile. Pada tools ini kalian juga dapat mengetahui penyebab blog anda melambat sehingga kalian dapat memperbaikinya. Kalian dapat menggunakan tools ini secara web di Google Pagespeed Insight atau klik disini.

2. GTmetrix

Ilustrasi Cek Kecepatan Blog 2
Tools ini juga merupakan tools yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan blog. Dalam tools ini kalian dapat mengetahui hasilnya dalam tampilan dekstop ataupun mobile. Sama seperti tools sebelumnya, GTmetrix juga dapat mengetahui penyebab melambatnya blog kalian. Kalian dapat menggunakan tools ini disini.

3. Google Lighthouse

Ilustrasi Cek Kecepatan Blog 3
Google Lighthouse merupakan tools dari Google yang digunakan untuk mengecek kecepatan blog. Tools ini berbentuk ekstensi, jadi hanya bisa digunakan di browser Google Chrome. Selain untuk mengecek kecepatan blog, tools ini juga dapat digunakan untuk mengecek SEO suatu blog. Jika ingin menggunakannya kalian harus mendownload ekstensinya di Google Chrome.

4. Pingdom Tools

Ilustrasi Cek Kecepatan Blog 4
Tools lain yang digunakan untuk mengecek blog lainnya yaitu Pingdom Tools. Tools ini sama seperti tools-tools lainnya yaitu untuk mengecek kecepatan blog. Pada tools ini juga dilengkapi dengan fitur yang bagus seperti terdapat keterangan mengenai blog anda dengan lengkap. Coba sekarang juga disini.

Catatan : Semakin cepat blog anda, maka semakin cepat juga dapat terindeks oleh Google

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai 4 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Blog. Maaf Kalau pagespeed masih buruk maklum masih belajar. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian serta semoga bermanfaat. Salam blogger…

4 komentar untuk "4 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Blog"

  1. Mantap gan informasinya.. jadi nambah wawasan 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sama-sama. Semoga dapat bermanfaat

      Hapus
  2. Bagus gan informasinya.membuat blog kita makin cepat dan lebih bagus untuk perkembangan berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya mas. Dengan rutin mengecek kecepatan blog kita maka kita akan dapat mengontrol perkembangan blog kita

      Hapus

Berlangganan via Email