Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Olahraga Kebugaran Jasmani

Macam-macam Olahraga Kebugaran Jasmani

Olahraga termasuk faktor penting dalam menjaga kesehatan kita. Dengan berolahraga kita dapat menjaga pola hidup sehat kita serta dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam olahraga kita pasti mengenal yang namanya kebugaran jasmani. Nahh, di artikel kali ini kita akan membahas tentang Macam-macam Olahraga Kebugaran Jasmani. Simak terus dan semoga bermanfaat...

Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan jenis olahraga yang menjadi dasar dari semua olahraga. Olahraga ini biasanya dilakukan untuk mengetahui seberapa baik tubuh kita dalam melakukan olahraga serta menjadi tolak ukur kebugaran dan jasmani seseorang berdasarkan usianya. Kebugaran jasmani biasanya juga digunakan dalam seleksi pada pendaftaran pendidikan militer maupun semi militer seperti TNI, POLRI, Ikatan Dinas, dan lain sebagainya.

Apa saja jenis olahraga yang termasuk ke dalam kebugaran jasmani. Berikut jenis-jenisnya

1. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh bertujuan untuk mengetahui ketahanan detak jantung serta mengukur stamina seseorang. Lari jarak jauh ini ditempuh dengan jarak 1200 meter bagi laki-laki dan 1000 meter bagi perempuan.

2. Lari Shuttle Run

Lari shuttle run bertujuan untuk mengukur kecepatan seseorang dalam berlari yang dinyatakan dalam satuan waktu. Lari shuttle run ini biasanya dilakukan dengan cara lari mengitari tiang atau yang lainnya dengan membentuk angka delapan.

3. Push Up

Push up bertujuan untuk membentuk otot bahu dan memperkuat pergelangan tangan. Biasanya jumlah ideal untuk push up yaitu 18 kali.

4. Sit Up

Sit up bertujuan untuk membentuk otot perut dan pinggang. Biasanya jumlah ideal untuk sit up yaitu 23 kali.

5. Pull Up

Pull up bertujuan untuk membentuk otot lengan dan bahu serta untuk memperkuat cengkraman tangan. Biasanya jumlah ideal untuk pull up yaitu 8 kali bagi laki-laki. Untuk perempuan hanya bergantung selama kurang lebih 1 menit.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai Macam-macam Olahraga Kebugaran Jasmani. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dan semoga dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kalian.

4 komentar untuk "Macam-macam Olahraga Kebugaran Jasmani"

  1. Intinya konsisten, kalau olahraga untuk ngebentuk badan tapi tidak konsisten dikerjakan setiap hari hasilnya malah zonk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Yang terpenting konsisten dalam berolahraga dan menjaga pola hidup sehat.

      Hapus
  2. Ini sih salah satu cara kalo mau hidup sehat, ya sering-sering olahraga. Hihi jadi inget sekolah dulu, kalo kena hukum, hukumannya push up :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, dengan berolahraga maka kita bisa menjaga pola hidup sehat kita dan juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

      Hapus

Berlangganan via Email