Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Apa Itu Kesehatan Mental?

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang kompleks dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau ketidakmampuan tapi juga segala hal yang mencakup diri sendiri.

Selain itu, WHO juga menjelaskan tentang 4 kriteria yang menjadi tanda dimana seseorang tergolong sehat secara mental. Berikut 4 kriteria tersebut :
  • Mampu mengelola stres yang wajar.
  • Mampu bekerja secara produktif.
  • Mampu mengenali dan mengembangkan potensi diri.
  • Mampu memberikan kontribusi secara aktif di lingkungan sekitar.

Kondisi Kesehatan Mental di Indonesia

Salah satu riset dari Salari et al. (2020) menjelaskan bahwa dampak yang terjadi dari pandemi COVID-19 adalah meningkatnya angka permasalahan mental seperti kecemasan, stres, dan depresi.

Di Indonesia, lembaga riset kebijakan publik The Indonesian Institute (TII) menjabarkan data swaperiksa yang diambil oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dari 34 provinsi Indonesia selama bulan April-Agustus 2020. Berdasarkan swaperiksa didapat hasil sebanyak 3.443 orang mengeluhkan permasalahan mental. Sekitar 47,9% diantaranya menunjukkan adanya gejala kecemasan, diikuti 36,1% menunjukkan gejala depresi dan 16% lainnya menyampaikan permasalahan trauma psikologis.

Kenapa Kesehatan Mental itu Penting?

Kesehatan Mental Berhubungan Dengan Kesehatan Fisik

Menurut Charles Goodstein, menyampaikan bahwa sebenarnya otak manusia itu berhubungan erat dengan sistem yang namanya endokrin.

Sistem endokrin merupakan sistem yang bekerja untuk melepaskan hormon-hormon yang dapat memengaruhi keadaan mental. Begitu juga dengan pikiran serta perasaan yang kita miliki, kedua hal tersebut dapat memengaruhi hormon-hormon yang berperan penting dalam sistem kerja organ tubuh kita.

Kesehatan Mental Berhubungan Dengan Relasi Sosial

Ketika kalian berada di lingkungan yang suportif dan nggak toksik, kalian akan lebih mudah untuk berkembang menjadi lebih baik. Di sisi lain, saat kalian mengalami permasalahan mental, secara nggak langsung memilih untuk menghindar dari relasi sosial, menutup diri, atau bahkan emosi jadi sensitif ke orang lain.

Akhirnya, justru bisa menyakiti orang lain.

Well, itu tadi alasan kenapa penting buat sobat bijak untuk aware sekaligus menjaga kesehatan mental masing-masing. Jadi bisa disimpulkan, bagaimana kita berpikir, bertindak, mengelola emosi, berinteraksi dengan lingkungan, semua itu nggak bisa lepas dari namanya kesehatan mental.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Pertama, Menerima Diri Agar Lebih Sehat Mental

Untuk menjaga kesehatan mental, kalian perlu banget untuk menerima diri apa adanya. Selain itu kalian juga perlu untuk menerima bahwa apapun yang sudah terjadi di masa lalu adalah sebuah hal yang bisa jadi pembelajaran, agar hal tersebut menjadikan diri kita sebagai individu yang lebih baik lagi.

Terus kenapa kalian perlu terima diri? Karena dengan menerima, kurang atau lebihnya diri kalian, kalian nggak perlu mencari validasi dari orang lain. Tentunya, hal itu bisa memudahkan sobat bijak untuk jadi lebih bahagia dan sehat secara mental.

Kedua, Belajar Untuk Mengelola Stres Saat Pandemi

Nggak bisa dipungkiri kalau kita pasti mengalami stres di masa pandemi ini. Oleh karena itu, kalian perlu cari tahu cara untuk mengatasi stres, yaitu dengan beristirahat sejenak dan melakukan kegiatan yang kalian sukai, seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau menulis keluh kesah di buku harian.

Sebenernya, dengan kalian mampu mengelola stres dengan baik, artinya kalian juga sedang menjaga kesejahteraan diri, terutama di masa pandemi yang penuh akan ketidakpastian.

Karena itu jangan sampai memendam stres ya, karena stres yang dipendam sewaktu-waktu bisa jadi ledakan emosi yang luar biasa.

Ketiga, Menjaga Pola Tidur dan Makan Supaya Lebih Sehat

Saat kalian menjaga pola tidur sebenarnya juga sedang menjaga kesehatan mental lho. Kok bisa? Karena saat kalian punya jam tidur yang nggak teratur atau bahkan kurang, hal itu akan memengaruhi mood, konsentrasi, dan energi.

Selain tidur, sobat bijak juga perlu untuk menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Apa pengaruhnya ke kesehatan mental? Saat kalian makan makanan yang gak sehat atau makannya gak teratur, kalian bisa rentan untuk sakit. Ketika kalian sakit, itu akan mengganggu aktivitas sekaligus suasana hati kan?

Sederhananya, jika kalian makan makanan yang sehat dan tidur yang cukup, kalian bisa mendapatkan energi yang cukup dan sekaligus menjaga imunitas. Ketika sehat, suasana hati akan lebih baik daripada saat sakit. So, stay healthy ya!

Itu tadi Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan kritik saran di kolom komentar ya...

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi"