Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tentang Negara Indonesia Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Fakta Unik Tentang Negara Indonesia Yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang berbentuk republik. Negara ini memiliki banyak sumber daya alam mulai dari daratan hingga lautan. Tak heran jika Indonesia menjadi destinasi wisata domestik maupun mancanegara. Destinasi wisata yang terkenal di Indonesia adalah Bali. Ya, Bali terkenal dengan kebudayaannya yang sangat bagus dan adat istiadat yang terus dijunjung tinggi. Maka tak heran jika banyak turis datang ke sana.

Berikut Beberapa fakta unik tentang Negara Indonesia :

1. Memiliki gugusan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke

Indonesia terkenal dengan sebutan negara seribu pulau  karena Indonesia memiliki banyak pulau. Pulau tersebut terdiri dari pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil. Dengan banyak kelebihan ini Indonesia disebut dengan negara kepulauan. Lima pulau besar itu diantaranya Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Irian Jaya.

2. Kepulauan Riau adalah provinsi yang memiliki pulau terbanyak di Indonesia

Dari banyaknya beribu Pulau itu yang terbanyak berada di Provinsi Kepulauan Riau.  Kepulauan Riau merupakan provinsi yang ada di negara Indonesia yang memiliki sangat banyak pulau.

3. Beberapa pulau yang hilang karena diklaim oleh negara lain

Namun dari berapa banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia banyak diklaim oleh negara lain misalnya diperoleh negara tetangga. Banyak pulau di Indonesia yang terkadang diklaim negara tetangga karena suatu hal. Sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia menjaga Kedaulatan Republik Indonesia.

4. Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang beraneka ragam

Indonesia juga memiliki banyak suku bangsa, bahasa, budaya, dan adat istiadat di setiap daerah. Indonesia kaya akan kebudayaan yang tersebar di bumi Nusantara ini mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan banyaknya kebudayaan ini Indonesia biasa mendapatkan penghargaan dari beberapa rekor dunia.

5. Selain Banyak Suku Bangsa, Indonesia Juga Memiliki Berbagai Macam Rumah Adat dan Juga Masakan Nusantara Yang Kaya Akan Rempah-rempah

Selain suku bangsa negara Indonesia juga memiliki rumah adat dan masakan nusantara. Rumah adat ini tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Sedangkan untuk masakan nusantara, Indonesia memiliki banyak sekali masakan nusantara yang memiliki cita rasa dan rempah-rempah yang sangat khas dari Indonesia.

6. Gugusan terumbu karang yang sangat menabjubkan bagi orang melihatnya

Indonesia juga terkenal dengan kekayaan lautnya. Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya laut mulai dari terumbu karang, ikan-ikan laut, serta banyaknya objek wisata. Hal ini menjadikan Indonesia merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki banyak fakta yang belum banyak orang mengetahuinya dan juga membuat kita bangga tentunya. Sudah seharusnya kita sebagai Warga Negara Indonesia menjaga dan melestarikan sumber daya dan budaya Indonesia agar kelak dapat dinikmati oleh anak-anak dan cucu-cucu kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kalian... :)

Posting Komentar untuk "Fakta Unik Tentang Negara Indonesia Yang Jarang Diketahui Banyak Orang"