Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Terbaru] 5 Kesalahan Saat Berolahraga Bagi Pemula

[Terbaru] 5 Kesalahan Saat Berolahraga Bagi Pemula
Jadi kamu memutuskan mengambil langkah pertama mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar kamu mempersiapkan diri mendaftar keanggotaan gym menonton tutorial latihan dasar di YouTube dan memulai latihan tapi setelah beberapa minggu kemajuan yang hanya sedikit. Apa yang terjadi? Periksa apakah kamu melakukan semuanya dengan baik dan benar karena beberapa perubahan kecil bisa membuat perbedaan. Berikut 5 kesalahan saat berolahraga :

1. Kurang pemanasan

Pemanasan sangat penting, peregangan dan lari ditempat bukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Tapi menyiapkan otot dan tendon menjadikannya lebih elastis dan tidak rentan terhadap cedera kecil, detak jantung juga sedikit naik membuat tekanan pompa lebih cepat dan meningkatkan performa. Jika kurang pemanasan kemungkinan besar badanmu akan sakit keesokan harinya dan tak akan bisa kembali berlatih. Bahkan jika sudah dilakukan dengan benar kemungkinan kamu tidak melakukannya cukup lama. Jalan cepat selama 1 menit dan menganyunkan tangan tidak akan membuatmu siap untuk latihan selama 1 jam. Jika mulai berkeringat artinya kamu sudah siap.

2. Melakukan kardio

Caranya dengan melakukan jogging, bersepeda, atau rowing bagus untuk membakar kalori tapi tidak membentuk otot dan otot lah yang membantu menurunkan berat badan bahkan saat kamu beristirahat menjaga kebugaran jaringan otot membutuhkan banyak energi dan nutrisi tubuh terus mengambilnya saat kamu melatih kekuatan. Omong-omong semakin tua semakin banyak latihan kekuatan yang harus kamu lakukan. Sama halnya dengan membentuk otot, jika kamu hanya mengangkat beban di gym karena ingin badannya kekar sayangnya kamu tidak akan mendapatkannya dalam waktu dekat.

3. Terburu-buru

Saya mengerti kamu ingin cepat mendapat tubuh yang sempurna tapi menggunakan beban yang tak sesuai kemampuanmu atau membuat dirimu lelah di treadmill sejak awal tidak akan membantu karena tubuh belum siap untuk latihan seperti itu. Kamu hanya akan merasa sangat sakit dan lelah keesokan harinya. Perlahan tapi pasti biarkan tubuh menyesuaikan dengan jadwal barunya jika belum pernah melakukan latihan serius sebelumnya mulailah dengan beban ringan dan beberapa menit berlari atau berenang.

4. Mengabaikan gerakan yang benar

Jadi kamu telah melakukan pemanasan sampai sedikit berkeringat sudah melakukan kardio selama sekitar 5 menit dan beralih ke latihan kekuatan. Saatnya kamu melakukan gerakan yang benar. Gerakan yang benar sangat penting dalam melatih kekuatan dan daya tahan. Jika salah melakukannya kamu bukan hanya tidak akan mendapatkan hasil yang baik tapi juga berbahaya misalnya membungkukan punggung saat memberikan tarikan berlebih akan membuatmu menjadi cepat lelah.

5. Kurang minum air putih

Dengan minum air putih maka tubuhmu akan terus mendapatkan nutrisi dan juga mengembalikan ion tubuh yang hilang. Saat berolahraga kita tidak dianjurkan untuk meminum air selain air putih karena akan memberikan pengaruh yang berbeda bagi tubuh kita.

Demikian penjelasan saya mengenai 5 kesalahan saat berolahraga bagi pemula. Kita harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Posting Komentar untuk "[Terbaru] 5 Kesalahan Saat Berolahraga Bagi Pemula"

Berlangganan via Email